Artikel

Temu Bakat “Bunda Produktif” 


Apakah bunda produktif itu? Bunda produktif adalah bunda yang selalu berusaha untuk mewujudkan fitrah hidupnya. Dengan menemukan jati dirinya dan melaksanakan tugas yang diembankan padanya di muka bumi ini sebagai khalifah dengan sebaik-baiknya. 

Dalam materi sesi 7 matrikulasi IIP batch 4 dengan tema bunda produktif, kita belajar bersama untuk merangkai niat mulia. Yakni, mengapa kita melangkah, untuk belajar menjadi bunda produktif? Tak lain karena “rezeki itu pasti, kemuliaan harus dicari” sehingga bunda bisa berikhtiar untuk menjemput rezeki tanpa harus meninggalkan amanah yang utama. Dan dengan segala kegiatan produktif bunda tersebut dapat tercapailah sebuah tujuan yang kembali bermuara kepada keridho’an Allah, yaitu untuk menambah syukur, menegakkan ketaatan dan berbagi manfaat dengan sesama. 

Dan, langkah awal yang sangat penting sebelum kita nanti bisa mendidik anak kita kelak untuk bisa menemukan jati dirinya, maka bunda produktif harus bisa menemukan jati dirinya terlebih dahulu. Maka, dalam Nice Homework ke 7 yang berjudul menuju bunda produktif, peserta matrikulasi di tugaskan untuk mengikuti sebuah test psikologi dalam test online di website temubakat.com. Hal ini, bertujuan untuk membantu bunda mengkonfirmasi apakah yang selama ini yang dirasakan bunda akan kepribadianya sudah benar dan apa saja sebenarnya kelebihan dan kekurangan yang dimiliki. 

Inilah hasil test st30 dalam website temubakat.com, berdasarkan hasil test tersebut keseluruhan sama persis seperti hasil test yang sudah pernah saya ikuti sebelumnya, misalnya di test the power of number dan di test sidik jari. Yakni, saya dominan di generating idea dengan kompetensi di bidang creator produk atau layanan yang terbaru.  Mari kita mengkonfirmasi hasil st30 saya ini;

1. ADM : karakter suka dengan administrasi yang rapi, misalnya pembukuan keuangan rumah dan bisnis yang rapi. Dan juga sangat tertarik dengan kegiatan penataan perpustakan seperti labeling dan sortir buku. 

2. CRE : suka dan mampu menghubungkan ide dengan potensi masa depan. Isi kepalanya selalu tentang ide bisnis yang akan berkembang di masa depan. Mampu membuat pasar sendiri, cenderung bermain di pasar eksklusive. 

3. EVA :  masih di karakter kelompok cipta, sehingga sifat yang dimiliki analitis, menimbang, mempelajari dan suka mengumpulkan informasi. 

4. MAR : bersikap strategic, suka menonjolkan kelebihan untuk promosi. 

5. PRO : memproduksi produk baru 😍

6. SYN : menggabunggkan temuan dan teori untuk menjadi temuan baru. 

Selanjutnya, agar kita bisa fokus dengan aktivitas yang kita suka dan bisa maka diperlukan pengelompokan aktivitas yang kita miliki, sebagai berikut; 

Tabel kuadran ini membantu kita untuk menentukan pada kekuatan dan siasati aktivitas yang sulit kita kuasai (keterbatasan) karena kita tidak suka ataupun karena kita tidak bisa dengan cara “manage’, “delegate” atau “delete”. 

Jika di evaluasi dari hasil st30 maka dari sisi aktivitas drawing dan writing, saya masih lemah. Sedangkan yang terkuat adalah bisnis kreatif. Padahal, kedepan saya mempunyai konsep bisnis di bidang sastra dan design kreatif produk anak. Sehingga, hal ini berdasarkan test ini perlu mendapatkan perhatian lebih, dengan fokus mengasah keahlian dalam aktivitas tersebut. 

Aktivitas yang perlu manajemen dengan baik adalah public speaking dan teaching. Keduanya tidak mudah saya lakukan karena kelemahan saya di bidang communicator dan motivator. Harapannya jika sebelum saya melakukan aktivitas public speaking dan teaching di dahului dengan persiapan yang matang, maka saya bisa sukses melakukan aktivitas tersebut. 

Aktivitas saya yang bisa di delegasikan adalah selling dan supplying. Dimana keduanya terkait kegiatan operasional bisnis yang saya jalani. Aktivitas ini bisa saya lakukan sendiri, tetapi energy saya akan habis, karena saya tidak ‘enjoy’ dengan aktivitas tersebut. 

Nah, aktivitas apa yang ternyata perlu kita “delete”? Aktivitas yang tidak bisa dan tidak saya suka adalah berhubungan dengan otak kiri, karena saya dominan otak kanan (otak kreativitas). Berhubungan dengan bidang akademis saya yaitu sastra bahasa inggris, maka ada baiknya jika saya tidak terjerumus dalam mempelajari tentang linguistics yaitu struktur bahasa. Hal ini sangat menguras energy saya, karena setelah di evaluasi memang saya tidak suka dan tidak bisa. Bukan pembenaran ya he he  😂😂,, mungkin inilah penyebab saya mendapat nilai paling “menthok” c+ mata kuliah” structure”. 

Tinggalkan Balasan

