Artikel

Customized Curriculum


“Belajar bagaimana cara untuk belajar” adalah langkah awal untuk bisa sukses menggapai ilmu yang di impikan. Bagaimana cara kita belajar? Apakah kita sudah belajar dengan baik? Apa cara kita belajar sudah maksimal? Semua pertanyaan diatas akan sedikit demi sedikit kita ketahui jawabannya jika kita “take action”. Ibarat perenang unggul belajar berenang dengan menyelam di air bukan hanya di angan angan saja 🏊🏊🏊

Mari belajar bersama dengan memulai membuat kurikulum belajar yang kita butuhkan. Kurikulum khusus yang sesuai misi dan cara belajar kita. Kenapa di perlukan kurikulum khusus atau biasa disebut customized currikulum? Karena setiap kita adalah diri yang berbeda dan karena kita ingin belajar dengan cara yang berbeda sehingga kita akan membuat karya yang berbeda. Meminjam perkataan dari Bu Septi dengan kurikulum ini kita bisa membumikan impian kita. Untuk itu, dalam NHW IIP bacth 4 ini kita ditugaskan untuk membuat kurikulum yang “gue banget”. 

Gambar pertama adalah Grand Desain Pembelajaran yang ada dalam pemikiran saya untuk buah hati saya kelak. Harapannya dengan di buatnya mind mapping kurikulum seperti ini maka akan menjadi motivasi bagi saya dan suami, karena menyadari bahwa begitu besar amanah yang diberikan kepada kita. Grand desain ini juga bisa dianggap sebagai proposal kepada Allah bahwa kita akan bertekad untuk menjadi orang tua yang baik dan ber misi untuk mencetak generasi yang siap berjihad di jalanNya. 

Gambar ke dua adalah silabus project. Dalam setiap desain pembelajaran terdapat kelengakapan yang menjelaskan kegiatan-kegiatan secara rinci, yang bisa di sebut silabus project. Silabus ini adalah alat bantu belajar saya untuk meraih target 2 tahun kedepan, Inshaa Allah. Sehingga dalam satu desain pembelajaran yang ditetapkan bisa terdapat banyak sekali silabus yang diperlukan. Demikianlah, kurikulum ala saya 😄😄 semoga kita selalu istiqomah, karena kunci sukses dari kurikulum ini adalah sebuah keistiqomahan. 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s