Artikel

Milestones Misi Hidup


“Kenalilah dirimu sendiri, maka Kau akan mengenal Tuhanmu” 

Seperti itulah mungkin yang saya rasakan setelah melihat pijakan-pijakan kehidupan yang telah saya lalui. Semua tak lepas dari kuasa Allah. Merekam kembali rekam jejak dalam sebuah milestones kehidupan ini sangat terinspirasi dari sebuah presentasi pendiri IIP, Bunda Septi Peni. Beliau memaparkan perjalanannya dari KM 0 saat melakukan perubahan besar dalam hidupnya hingga sukses dengan kesungguhannya, menjadikan IIP inspirasi perempuan-perempuan di seluruh Indonesia. 

Melalui tantangan di NHW ketiga di Matrikulasi IIP, kita akan diajak untuk mereview dan memastikan komitmen kita untuk mengamalkan ilmu yang telah didapatkan selama matrikulasi. Yang pertama adalah tentang ilmu yang kita akan fokus didalamnya, apakah kita sudah memantabkan hati atau ingin beralih ke ilmu yang lain. Seperti yang dikatakan Bunda Septi, diri kita sendirilah yang tau apa yang sebenarnya kita butuhkan. Ilmu apapun yang kita pilih untuk fokus didalamnya yang terpenting adalah adanya sebuah achievement, sebuah perubahan yang membawa kita menjadi pribadi yang lebih baik lagi. 

Langkah kedua adalah dengan mereview kembali program checklist yang telah kita buat. Apakah kita sudah konsisten dalam melaksanakan target-target tersebut. Maka ada baiknya checklist ini kita cetak dan dipasang di tempat yang mudah kita lihat, sehingga akan selalu menjadi pengingat kita sehari-hari. Untuk checklist ini saya mencetaknya dan memasangnya dalam pigora, dimana saat satu keberhasilan traget maka suami akan memberi satu stemp di gambar tersebut. Begitulah seterusnya hingga enam bulan kedepan semua target sudah tercapai. 

Selanjutnya , yakni yang memerlukan perenungan yang panjang adalah menentukan misi hidup. Betapa menantangnya menemukan kata yang pas untuk mewakili apa yang ada di pikiran kita. Mulai dari mensinkronkan misi bisnis, misi pribadi dan misi keluarga, sehingga munculah misi kehidupan saya yaitu “Bermu’amalah Barokah, Membangun Generasi Illahiyah”. Sesuai dengan kemampuan fitrah saya yang sangat dominan di bidang bisnis kreatif, maka peranan yang ingin saya kembangkan adalah sebagai seorang inovator. Dengan demikan harapannya bisa menyumbangkan sedikit perubahan kepada masyarakat. 

Setelah melalui langkah-langkah di atas kita akan memantabkan diri kita dengan membuat milestone kehidupan kita. Dimulai dari titik KM 0, dimana kita memulai sebuah perubahan. Sebagai contoh dari milestone saya adalah saat saya memulai untuk terjun di bidang bisnis. Mungkin inilah kuasa Allah, bahwa memang sudah sejak lama Allah memberikan tanda-tanda jika bisnis adalah jalan juang saya 😂 he he he, tapi saya baru menyadari setelah gagal berkali-kali karena kurang fokus. Saat saya memulai bisnis saya masih ingin mencari beasiswa untuk melanjutkan ‘studi’.

Banyak sekali manfaat yang dapat kita ambil dengan membuat milestone perjalanan hidup kita. Saat membuat milestone kehidupan, saya kembali merasakan kebesaran Allah, atas segala nikmat yang telah diberikan. Disamping itu, kita juga bisa belajar banyak dari pengalaman. Dengan mengevaluasi kegagalan dan mengambil hikmahnya, sehingga kita tidak mengulangi kesalahan serupa. Kita juga bisa menambahkan target yang ingin kita capai kedepannya, dengan melengkapi ilmu – ilmu apa saya yang perlu kita perajari kedepannya. Sehingga, kita tidak menelan semua ilmu secara membabi buta. Dan untuk KM selanjutnya saya mentargetkan untuk 2 tahun kedepan hingga 2019. Yakni, (1) menuntaskan mainbook grandesign kurikulum dan APE pendidikan anak sejak dalam kandungan, (2) memantaskan diri menjadi nominasi wirausaha mandiri. Allahu a’lam bishowab. 

Tinggalkan Balasan

