Artikel · Diary Kehidupan · Goodreads · Motivasi Bisnis

Chase The Vision, Not The Money


Chase the vision not the money, and the money will following you.

Adalah sebuah quote terkenal di bidang motivasi bisnis oleh Tony Hsieh. Penulis pribadi, mengenal motto ini dari video motivasi Sandiaga Uno, seorang pengusaha muda yang sukses bahkan dirinya masuk sebagai deretan pengusaha terkaya di Indonesia.

Arti dari motto tersebut adalah membuat kompas (arah) kemanakah kerja-kerja kita selama ini akan bermuara, dengan kata lain, apa tujuan besar dari usaha kita? Apakah itu uang yang banyak? Big No!! Saat kita bekerja untuk mendapatkan uang kita tak jauh berbeda dengan seorang pengemis.

Budiono Lie mengatakan orang yang bekerja karena takut tidak ada bedanya dengan robot, orang yang bekerja karena uang tidak ada bedanya dengan pengemis, hanya orang sukses yang bekerja karena impian mereka.

Mereka yang sukses adalah yang memiliki visi dalam hidupnya, dan ia berusaha keras untuk mewujudkannya. Sandiaga Uno menyebutkan beberapa contoh orang orang sukses yang tidak hanya berbisnis karena uang. Salah satunya, adalah pendiri perusahaan Honda.

Saat itu, Tuan Honda mempunyai visi mewujudkan kendaraan yang terjangkau sehingga bisa dimiliki oleh semua orang. Perusahaan kompetitornya pun mencemooh produksi Honda yang dianggap tidak mewah dan kapasitasnya yang terbatas. Dan kini, ternyata impiannya sukses, Honda pun menjadi perusahaan yang besar.

Sandiaga uno juga membuka rahasia visi nya dalam berkerja. Ia menyebutkan bahwa visinya adalah membagun Indonesia yang merata di bidang ekonomi (MasyaAllah, tak heran sekarang beliau ingin menjadi pemimpin di sebuah wilayah Indonesia, you now lah,  kan booming banget 😄😄)

Sejak mengetahui ilmu ini, usaha saya seakan mendapat ruh baru. Saya mulai bermuhasabah, merenungkan kembali tentang apa visi atau impian saya membangun bisnis ini?

Saya adalah perempuan muslimah. Seorang istri, melayani suami sebaik mungkin dan mengharap ridhonya adalah tempat surga saya bernaung. Menjadi ibu pastinya impian semua wanita 😍😍. Ibu adalah madrasah pertama anaknya, guru terbaik sejak dalam janin hingga ia baligh. Prinsip ini adalah pondasi utama saya mengambil pilihan. Pertama memilih menjadi full time mother (wanne be ya), untuk itu muncul pilihan kedua yaitu membangun usaha mandiri agar tetap produktif sambil merawat anak nantinya 😄😄 ( walaupun ini tidak wajib ya, atau dibilang ini tuntutan sosial aja he he he biar gak dibilang pengangguran, nanti di gosip in sarjana kok nganggur ha aha ha). Jadi wanita enggak bisnis atau kerja is fine, ingat teladan kita ada Aisyah Binti Abu Bakar yang juga tidak berbisnis)

Dan visi dalam membangun bisnis adalah “menggerakkan ekonomi rakyat dengan mu’amalah barokah” Apa saja manfaat sejak penulis mempunyai visi ini? Banyak sekali, pertama, saya bisa lebih fokus dan tidak mudah tergiur untuk berpindah ke lain hati he he he. Ingat!! Prinsip bisnis harus setia pada produk.

Kedua, dalam bekerja menjadi lebih ikhlas. Tidak gampang mengeluh saat uang banyak buat belanja modal. Ketiga, lebih profesional dalam berbisnis, bermuamalah dengan karyawan dan juga rekan bisnis. Lebih bersyukur dan selalu ingin bermanfaat untuk orang lain, lebih santun dalam bermu’amalah dan banyak sekali Alhamdulillah… Semoga istiqomah 🙏🙏🙏.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s