Artikel

Yuk Belajar Batik Jombangan


Upaya Seniman Jombang Lestarikan Batik Jombangan

Membatik Bersama Anak Didik, Peringati Hari Batik NasionalMembatik

Batik Jombangan perlu dikenalkan kepada generasi muda. Disamping memberikan ketrampilan dalam membuat batik, mereka juga bisa lebih mengenal kearifan lokal yang tercermin di motif batik Jombangan.

TETIK FIRAWATI, Jombang

Geliat para pemerhati budaya di kota Santri tampaknya terus berkembang. Kegiatan demi kegiatan pun tak bosan digelar demi melestarikan kebudayaan lokal di Jombang. Salah satunya adalah melestarikan hasil kerajinan tangan yang mulai berkembang pada 2000 silam, yakni batik Jombangan.

Sekitar dua puluh seniman-seniman cilik yang tergabung dalam sanggar Lung Ayu Jombang, berkumpul pada Rabu (2/10) di SDN Sumber Mulyo 2 Jombang. Sepulang sekolah, tepat pukul 02.00 siang, dengan sigap para seniman cilik ini mulai menyiapkan peralatan membatik.

Kegiatan membatik terbagi menjadi dua kelompok, mencetak desain gambar dan memberi motif pada kain. Desain gambar yang dibuat adalah desain batik Jombangan. Desain awal yang akan digambar pada kain di buat oleh Dian Soekarno, pemilik sanggar Lung Ayu. ‘’Kita sengaja selalu menggunakan desain batik Jombang, agar anak-anak juga semakin akrab dengan motif Jombang. Karena batik Jombangan harus selalu dikenalkan kepada generasi muda. Jangan sampai usaha mengembangkan batik yang pernah digalakkan pemerintah ini, terlupakan,” terang Dian.

Anak-anak pun terlihat sangat antusias. Dengan duduk melingkar, mereka tampak penuh konsentrasi menggambar pada kain yang berwarna putih. Sedangkan, kelompok yang lain sedang asyik memotif kain dengan lilin malam yang panas. Bak perajin batik professional, Fitri Nuraini, siswi kelas 6 sekolah dasar ini meniup canting dan menuangkan cairan lilin ke kain. Tanpa ragu, Fitri memperjelas motif yang sudah tergambar di kain tersebut.

Tak heran jika Fitri dan temannya sudah terlihat terampil memegang canting. Pasalnya, mereka mengikuti ekstrakulikuler membatik yang ada di sekolah mereka. ‘’Saya belajar membatik setiap satu minggu sekali, biasanya pada hari selasa. Karena di sekolah ada ekstrakulikuler membatik,” ujar Fitri.

Fitri mengungkapkan bahwa dirinya suka dengan kesenian batik karena dengan membatik ia bisa menghasilkan hasil karya. ‘’Kalau kita bisa membatik, kita bisa membuat kain batik sendiri. walaupun membuat batik itu lama dan capek, tapi kalau melihat hasilnya yang bagus capeknya jadi hilang. Apalagi, kalau sudah jadi kain batiknya bisa dipakai,” ungkap Fitri sambil terseyum.

Sebagai finishing, seniman cilik ini perlu dibantu untuk menyelesaikan proses pewarnaan pada kain. ‘’Karena pewarnaan masih belum bisa dilakukan sendiri, sehingga dibantu oleh perajin batik,” ungkap Dian. Tak hanya pewarnaan, desain motif Jombangan dan tehnik membatik pada awalnyaSanggar Lung Ayu dan SDN Sumber Mulyo 2 Jombang bekerja sama dengan perajin batik. “Awalnya kita bekerja sama, untuk melatih tehnik dasar membatik. Tetapi setelah menguasai tehnik dasarnya, kita latihan sendiri,” imbuh Dian.

Dian menambahkan, sebagai hasil akhir seni membatik tak hanya sebatas membuat kain saja. Tetapi, anak-anak juga bisa membuat aksesoris pakaian tari dari motif batik Jombangan.’’Dengan batik Jombangan, bisa dihasilkan aksesoris seni lainnya, seperti selendang tarian, tudung kepala dan masih banyak lagi,” ujarnya.

Nurunidzomi Ridlo, kepala sekolah SDN  Sumber Mulyo 2 Jombang menjelaskan bahwa kegiatan kesenian batik yang ada di sekolahnya sebagai pengenalan dasar membatik kepada siswa. ‘’Dengan membatik minimal anak didik bisa menyalurkan jiwa keseniannya. Sehingga, belum ada rencana kearah industri. Walaupun hal itu bisa saja tercapai, jika hasil karya anak-anak memang sudah bagus,” ungkap Ridlo. (*)

Iklan

5 thoughts on “Yuk Belajar Batik Jombangan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s