Inspiring People Around

Bu Izzah Pemilik TPA & Paud Unggulan Mojokerto @Inspiring people to me


Kenangan bersama PAUD AL IZZAH
Kenangan bersama PAUD AL IZZAH

Semangat adalah hal yang sangat berharga dalam perjuangan. Orang yang selalu membuat kita semangat karena inspirasi yang mereka munculkan, dapat menambah semangat itu. Seperti halnya Bu Izzah, sosok wanita yang sangat menginspirasi bagiku.

Kenangan yang tak terlupakan sepekan saya magang dan menginap di rumah Ibu Izzah. Bu Izzah adalah wanita yang cerdas dan pintar. Saat melihat dan mengenalnya sepertinya gambaran bagaimana istri yang sholehah itu semakin jelas.

Ibu Izzah dengan suaminya hidup dengan sederhana. Tidak terlihat barang-barang mewah dirumahnya. Padahal sang suami, Pak Rochim adalah seorang lurah. Sepasang suami istri ini mempunyai jiwa sosial yang tinggi. Keseharian Bu Izzah sangat produktif, saya sebagai anak muda sangat malu jika melihat Bu Izzah yang notabene bukan pemuda lagi tapi kesehariannya selalu bermanfaat. Setiap pagi mengelola PAUD dan mengajar di TPA di sore hari.

Di awal pernikahan mereka, mereka mengubah rumah sederhana mereka menjadi taman belajar Al-Quran (TPA) untuk anak-anak didaerah sekitarnya. Karena Bu izzah merasa tidak ada wadah yang tepat untuk anak-anak didesanya untuk belajar membaca Al-Qur’an yang baik. Tak hayalpun, semua ruangan, bahkan kamarpun menjadi kelas untuk belajar Al-Qur’an, karena sangat ramainya para muda-mudi bersemangat sekali untuk mengaji di rumah Bu Izzah.

Setelah bertahun-tahun, Bu Izzah mendapat tempat yang lebih layak untuk membangun TPA. Sampai sekarang gedung TPA nan sederhana seperti gedung SD itu selalu ramai setiap sorenya.

Tidak berhenti disitu, setelah itu ia pun tergerak membuat sebuah Paud untuk mengabdi kepada masyarakat lagi. Dan lagi-lagi, Paud itu beliau rintis dari rumahnya. Seketika seluruh ruangan di rumah itu menjadi kelas-kelas pendidikan anak usia dini. Beliau yang awalnya adalah lulusan keperawatan kini menjadi sarjana PAUD.

Saya sangat kagum saat Bu Izzah bercerita,  suatu ketika beliau dan putranya harus tidur dibawah hiasan-hiasan di sekolah untuk belajar anak didiknya. Putranya pun sempat mengeluh tidak bisa tidur, tapi Bu Izzah mengatakan, “Sabar ya nak….” Subhanallah.

Karena keuletan beliau, sekarang PAUD nya yang bernama PAUD AL-IZZAH sudah mempunyai gedung sendiri dan menjadi PAUD unggulan, sehingga menjadi rujukan banyak PAUD lainnya.

“Salah satu percakapan yang tak terlupakan dengan Bu Izzah adalah saat beliau bertanya apa saya tidak merasa mengorbankan cita-cita saya untuk mengabdi di PAUD bapak angkat saya, notabene saya mencoba hal yang baru, bukan bidang saya dan mulai dari nol dan saya tanpa ragu mengatakan tidak. Cita-cita saya memang tinggi dan sebagian besar belum tercapai, karena bagi saya keinginan saya itu memang banyak dan bisa ditunda tapi keinginan orang lain itu sebenarnya terbatas sekali dan tidak bisa ditunda.”

 

12 thoughts on “Bu Izzah Pemilik TPA & Paud Unggulan Mojokerto @Inspiring people to me

  1. Teladan yang patut ditiru dari seorang istri pejabat macam bu Izzah..

    salam kenal mbak.. dan nitip salam buat bu Izzah ya 🙂

Tinggalkan Balasan

