Artikel

Tantangan & Kesempatan Belajar Pendidikan Anak Usia Dini


DSC00192Semangat yang paling berharga adalah semangat pembelajar, dengannya seseorang bisa menakhlukkan dunia. Dimanapun kapanpun, jangan pernah terpikirkan untuk enggan mengevaluasi diri dan berusaha untuk berubah. Walaupun untuk berubah atau menyesuaikan dengan kondisi yang baru adalah sesuatu hal yang sangat sulit tapi, kita harus yakin bahwa tidak ada sesuatu yang bersifat jalan buntu. Ada masalah pasti ada solusi. 

Walaupun sedikit memaksakan diri untuk beradaptasi dengan tantangan, terkadang di nyali terdalam terbesit ketakutan akan keadaan baru. Bisakah kita melaluinya dengan baik? Mampukah kita? terkadang kita kurang percaya kepada diri kita sendiri. Disaat kita tidak percaya kepada kemampuan diri sendiri setidaknya kita percaya kepada Tuhan bahwa Dia selalu bersama kita. 

Dunia Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)  memang sesuatu yang sangat baru bagi saya yang lulusan Sastra Inggris. Akan tetapi, bukannya kita menutup mata dan tidak mau belajar sesuatu yang baru. Apalagi PAUD adalah sesuatu yang berharga dan penuh kebermanfaatan.

Dari PAUD kita belajar untuk bisa mendidik anak dengan baik. Dari mengajar PAUD kita bisa belajar psikologi anak dan yang untungnya lagi dari belajar mengelola PAUD kita bisa ber-entrepreneur dalam bidang jasa pendidikan. Tetapi jangan sampai hanya berorientasi bisnis akan tetapi juga bisa bermanfaat untuk sosial.

Untuk itu tidak ada kata gengsi untuk belajar sesuatu yang bagus walaupun kita harus memulai semua itu dari nol, benar-benar dari bawah.

Iklan

2 thoughts on “Tantangan & Kesempatan Belajar Pendidikan Anak Usia Dini

  1. suka banget sama kata-kata ini, “Disaat kita tidak percaya kepada kemampuan diri sendiri setidaknya kita percaya kepada Tuhan bahwa Dia selalu bersama kita.” 🙂

  2. “Mungkinkah mengetahui dan memastikan apakah seorang anak itu bermasalah , dalam waktu 5-10 menit pertama saat kita bertemu dengannya?” Jawabannya adalah “mungkin” dan “pasti”. Itu pertanyaan yang sering saya ajukan kepada peserta seminar ataupun para orangtua yang sedang bersemangat belajar dan mencecar saya dengan berbagai pertanyaan seputar anaknya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s