Artikel

Dua Kutub Orang Yang Paling Merugi


Dahulu teringat jelas perkataan dari seorang guru les bahasa Inggris saya selama di SMA. Beliau memberikan nasihat bahwa orang yang pintar masih kalah dengan orang yang rajin, dan orang yang rajin kalah dengan orang yang beruntung. Oleh karena itu, jangan sampai kita menjadi orang yang merugi walaupun se pintar apapun seseorang bukan berarti dia terbebas dari sebuah kerugian dunia akhirat. 

Terdapat dua kutub seseorang yang tergolong paling merugi.

Yang pertama, adalah orang yang sombong sehingga ia merasa benar dalam segala hal dan tidak mau belajar untuk berfikir dari berbagai segi kehidupan. Karakter orang yang seperti ini cenderung sangat keras terhadap pendapatnya senidiri. Ia bahkan menganggap bahwa pendapatnya adalah yang paling benar, sulitnya hal ini bisa saja disadari atau tanpa disadari. Naudzubillah semoga kita tidak termasuk didalamnya.

Orang yang sombong bahkan sudah diingatkan oleh Allah bahwa tidak akan masuk surga jika ada se biji sawi pun besarnya kesombongan dalam diri manusia. Seseorang yang tersombongkan dengan ilmunya seperti dalam kegelapan yang melalaikan. Maka dari itu, dalam berilmu disarankan kita berkiblat dengan tidak memandang ke bawah akan tetapi emandang ke atas, yang artinya tetap merasa rendah dengan memandang keatas. Allah lah sumber dari segala kebenaran.   Sehingga kita tetap termotivasi untuk selalu belajar.

Yang kedua, adalah orang yang sebaliknya, yaitu orang yang merasa tidak berdaya. Orang yang tidak bersemangat seperti kehilang ruh hidup perjuangannya karena kehilangan kepercayaan diri. Dia menganggap bahwa ia memang ditakdirkan untuk tidak bisa berbuat banyak. Bukan orang yang luar biasa. Orang yang bermental seperti ini sebenarnya dia sendirilah yang menutupsemua kemungkinan menjadi tidak mungkin.

Sifat-sifat diatas memang sangat lazim di ketahui bahkan sebagian besar sudah sangat mengenal karakter sikap ini akan tetapi dampak dari kedua sikap ini masih sering kita temukan dalam pribadi kita sekali lagi secara sadar ataupun tidak.

Mereka menutupi pikiran kita bagai kabut tipis yang sulit dilihat dengan jelas. Untuk itu semoga kita bisa terus bermuhasabah dan selalu diberikan  jalan yang lurus oleh Allah.

Tetap Semangat! Fighting !

Iklan

2 thoughts on “Dua Kutub Orang Yang Paling Merugi

  1. Dua sifat sombong dan rendah diri tidak boleh kita miliki agar tidak rugi sebab keduanya menghambat jalan kita untuk berkembang kearah yang lebih baik ni
    nice share mbak, postingannya sangat bagus dan penuh inspirasi..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s