Artikel

Nikmatnya Berdamai Dengan Diri Sendiri


Bagaimana Anda mengartikan “Berdamai dengan Diri Sendiri?

Kebanyakan pendapat orang tentang berdamai dengan diri sendiri adalah menerima dan mencoba memaafkan apa yang ada pada diri sendiri. Dengan nama lain mencoba untuk ikhlas dengan diri sendiri. Hal ini sedikit benar mempunyai hubungan dengan kata berdamai. Akan tetapi ada sebuah filosofi besar tentang berdamai dengan diri sendiri, dimana akan dapat melejitkan segala upaya dalam hidup kita.

Berdamai yang seperti apakah? 

Pernahkan kita merasa kecewa dengan apa yang kita kerjakan? jawabnya sering bahkan kemungkinan setiap hari. Kemungkinan kita merasa menjadi rendah, tidak berbuat yang terbaik, bukan orang spesial, tidak jenius, dan banyak melakukan kesalahan.

Selanjutnya apa yang harus nya kita lakukan? jawabannya adalah “Berdamailah dengan dirimu”

Berdamai yang seperti apa?

Inilah yang berbeda, sebuah pemahaman yang mendalam tentang berdamai dengan diri sendiri yaitu melakukan apapun yang diinginkan oleh diri kita. PERCAYA pada diri kita bahwa dia bisa dan jangan pernah menolak keinginannya, NEVER SAY NO.

Apapun yang diinginkan oleh diri sendiri lakukanlah dengan sepenuh tenaga. Akan tetapi jangan pernah membenci diri sendiri, cintailah diri sendiri. Dimana kita tidak akan merasa menyesal secara mendalam yang berlebihan.

Sebuah penggalan nasihat dari Rabi’ah Al Adawiyah, seorang sufi perempuan yang mengajarkan makna menguasai keinginan untuk menguasai. Melakukan semua yang dikehendaki oleh diri bukan berarti memenuhi hawa nafsu. Karena bukan untuk sang diri akan tetap untuk Sang Pemilik aku, untuk kecintaan kepada Nya. Hal ini menjadi counter dalam berdamai “mematuhi” diri sendiri. Rabi’ah mencontohkan agar kita bercinta dengan diri sendiri. Dan sejatinya cinta itu membebaskan.

Berdamai, bercinta dan membebaskan.

Taklukkan hawa nafsumu dan berdamailah dengannya.

Referensi :

Revitalisasi Sufi Bagi Kehidupan Islam. Prof. Dr. Nur Syam, M.Si.

Iklan

5 thoughts on “Nikmatnya Berdamai Dengan Diri Sendiri

  1. Salah satu kunci untuk mencapai kebahagiaan adalah dengan memafkan atau berdamai dengan diri kita ketika berbuat sakah dengan demikian hiduppun akan jadi lebih tentram
    nice share mbak dan salam kenal..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s