Artikel

Kedewasaan Yg Akan Memahamkan


Jika jiwa telah menjadi besar. Akan letih jasad memenuhi hasratnya (Al Mutanabbi

Duhai malam, taukah kapan kita mengerti bahwa pribadi kita ini adalah orang-orang yang telah berjiwa besar, ataukah hanya debu-debu beterbangan yang tanpa guna bahkan merugikan bagi orang lain. Disaat jiwa yang besar, pribadi yang bermanfaat itu bukanlah isapan jempol yang tidak bermakna yaitu bagai bualan mimpi-mimpi besar saja. Akan tetapi pribadi akan terus berkembang dalam sebuah dimensi proses kedewasaan. Baca selanjutnya 🙂

Dan tibalah dimana jiwa-jiwa akan berpikir kebelakang, karena setiap kepribadian adalah proses yang mungkin tidak bisa terbentuk secara instan tetapi dengan proses yang panjang. Mungkin dulu kita pernah mendapatkan hanya sekilas teori saja yang akhirnya teori-teori itu hanya menjadi endapan dalam pikiran kita, akan tetapi suatu ketika memori otak super canggih kita akan memanggilnya kembali saat kita membutuhkannya.

Dapat diibaratkan seperti bunyi “Klik” sebagai pertemuan antara pengalaman dan kejadian yang kita dapatkan sebagai praktik kehidupan dengan memori teori-teori kehidupan yang mungkin kita dapatkan di bangku kuliah atau latar-latar kajian. Atau bahkan dari satu kejadian yang sudah sangat lama disinkronkan dengan kejadian yang sangat hangat dalam ingatan kita. “Itulah kehidupan, yang penting adalah tidak pernah puas dan terus berproses dan berkembang”.

Suatu ketika saat saya masih pertama bergabung dengan aktivitas dakwah, saat memboncengi seorang senior, kita sedang berjuang untuk mencari dana sponsor, maka saat diboncengan saya, sang senior tertidur dan saat itu yang bisa saya pahami adalah bagaimana saya esok harus memperhatikan orang lain, jangan sampai saya mendzolimi saudari saya karena saya telah menyusahkannya. Akan tetapi malam ini saya berfikir ulang dengan memahami sungguh senior yang sedang terlelap diboncengan saya saat itu sungguh sangat lelah pastinya, mungkin karena agendanya dakwahnya yang padat. Maka saya sangat bersyukur bisa menjadi sandaran kelelahannya. Saudariku, sungguh sangat indah dan tiada bosan berkumpul bercanda kecil, bahkan untuk berpenat pun sangat aku rindukan selalu.

Tinggalkan Balasan

