Artikel

Tips Membangun Komitmen


Komitmen tidak seindah ungkapannya, tidak semudah penuturannya, komitmen adalah sebuah inti dari pada kehidupan. Orang yang paling merugi dalam hidupnya adalah orang yang paling tidak bisa berkomitmen dalam kebaikan.

Suatu ketika kita merasa menjadi manusia yang paling tidak berguna, satu alasannya yaitu merasa menjadi manusia yang paling tidak bisa berkomitmen. “Andaikan aku berkomitmen untuk rajin belajar”, “Andaikan aku berkomitmen untuk memprioristaskan bekerja” , “Andaikan aku bisa berkomitmen tentang janjiku untuk selalu membaca”… disaat semua komitmen yang pernah kita buat hanya menjadi kenangan itulah awal dari kerugian besar dalam hidup kita, maka berhati-hati membuat komitmen. 

Jika kita mudah berkomitmen dan mudah pula meninggalkannya maka pribadi kita akan semakin terpuruk dengan impian-impian kosong belaka.

Melatih membangun sebuah komitmen, dengan berlatih mencatatan apa saja yang menjadi komitmen kita, sehingga komitmen tidak hanya manis di mulut bahkan diangan-angan saja akan tetapi dia dituliskan berterakan tanda tangan kita atau bahkan jika perlu bermateraikan sejumlah enam ribu rupiah.

Dan yang paling penting setelah ditulis maka itu diabaikan bagaikan orekan belaka tanpa adanya tanggung jawab dari komitmen kita itu maka itu akan sia-sia belaka.

Setidaknya kita akan belajar untuk membangun sebuah komitmen, yang berarti membangun sebuah perbaikan atau perubahan kearah keberhasilan kita.

Mulailah dengan melakukannya terus-menerus walau kadang kita mulai terpaksa walaupun tersiksa saat melakukannya.

Mulailah dari hal atau komitmen yang terkecil dan sepele yang telah kita buat, contonya kita berkomitmen untuk jogging setiap pagi jika kita tidak ada halangan agenda yang itu bersifat penting dan dalam satu minggu minimal 3 kali jogging selama minimal 20 menit.

Komitmen akan menghantarkan pribadi kepada keteguhan hati, kepercayaan kepada diri sendiri dan otomatis imbas dari sebuah keistiqomahan adalah sebuah kesukses-an.

Iklan

3 thoughts on “Tips Membangun Komitmen

  1. Menjadi seseorang yg mempunyai komitmen memang sangat sulit di lakukan, Tapi apabila kita ingin melakukan suatu perubahan untuk hidup kita makan berkomitmenlah. thanks untuk tips nya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s