Artikel

Belajar Hingga Lereng Gunung Merapi


Jum’at 6 April, bertepatan dengan hari libur, saya beserta rombongan memanfaatkan waktu untuk berkunjung ke salah satu penulis favorit sekaligus seorang guru spiritual. Tidak tanggung-tanggung alamatnya adalah di Cepogo Boyolali.

Beliau adalah Uztad Sholikin penulis banyak buku keislaman, salah satunya adalah Sufisme Syeikh Siti Jenar.

Perjalanan yang menyenangkan, karena saya tinggal ngikut saja,  dan silaturrahim yang banyak berkesan pula. Kesempatan yang baru bagi saya untuk mengenal dunia toriqot. Apapun itu prinsip saya adalah untuk tidak pernah berpikir negatif, tidak boleh menjustifikasi. Dalam belajar saya hanya ingin melewati tiga tahap prinsip saya yaitu  berilmu, Al Fahmu (Pemahaman) dan mengamalkan.

Sedikit kesan yang mengusik saya yaitu obrolan sepanjang perjalanan pulang yang memojokkan saya sebagai kader partai islam.  Bapak dan temannya berprinsip bahwa politikus itu adalah sesuatu yang sangat negatif. Dengan banyak fenomena yang benar adanya di politik negara kita, okelah saya masih muda seperti halnya beliau-beliau yang juga ingin mempunyai pendirian sendiri. Yang penting saya tidak terjerumus dalam kebodohan dan kedzaliman.

Bagi saya politik yang sangat erat dengan posisi jabatan, itu bukan masalah suka dan tidak suka, gandrung atau tergila-gila tapi itu adalah kepedulian dan amanah. Kalau mereka salah dan terjerumus, bukan berpikir pengecut untuk menghindar tetapi berpikir solutif untuk bermanfaat bagi sesama.

Kembali apapun dunia ini sementara, berusaha apa yang ditangan dan dipikiran biarlah disana, berusaha menjaga ketenangan dan kekhusyuk’an hati ini untuk beribadah kepada Ilahi.

2 thoughts on “Belajar Hingga Lereng Gunung Merapi

  1. Suka dengan semangat pean.
    Orang yang biasanya pesimis terhadap politik itu adalah mereka yang “merasa” sudah melakukan sesuatu untuk kebaikan dunia politik dan menemukan kebuntuan. 🙂

Tinggalkan Balasan

