Artikel

Aksi Tolak Diskriminasi Perempuan


Jombang – Banyaknya kebijakan pemerintah yang mendiskriminasikan perempuan membuat sejumlah organisasi perempuan di Jombang geram. Bertepatan dengan Hari Perempuan Se-Dunia organisasi yang tergabung dalam panitia bersama peringatan hari perempuan sedunia ini melakukan orasi di depan gedung DPRD Jombang Kamis (8/03/2012) dini hari.

Mereka yang bergabung diantaranya Women Crisis Center (WCC) Jombang, ICDHRE Jombang, NARISHAKTI, Koalisi Perempuan Indonesia (KPI), INTI, IPPNU Jombang, PMII, SPBI dan (Jombang Crisis Center) JCC selain berorasi  juga menyebarkan bunga kepada pengguna jalan. Aksi yang mendapat pengaman dari pihak kepolisian ini berjalan dengan lancar. Ketua Panitia Bersama juga direktur WCC, Palupi Pusporini menyampaikan tujuan bersama aksi mengkampayekan hari perempuan sedunia ini sebagai langkah kekecewaan kepada kebijakan yang dilakukan oleh DPRD Jombang. “Selama ini program-program  yang ada belum mendukung pihak perempuan,” terangnya. Ketidak tanggapan dari pihak Dewan yang mewakili suara perempuan di Jombang pun menjadi issue tersendiri. “Setidaknya sekarang ada dua anggota perempuan dewan yang seharusnya bisa mewakili aspirasi perempuan tetapi itu belum terlihat dari kinerja DPRD saat ini,” terang salah satu orator aksi.

Kebijakan yang digulirkan selama ini dinilai masih bersifat diskriminatif, tidak berpihak dan tidak melindungi.  Contohnya perda-perda yang dianggap mengebiri hak-hak perempuan yaitu kebijakan jam malam hingga cara berpakaian yang ditentukan oleh negara yang pastinya hal ini tidak berlaku untuk laki-laki.  Undang-undang perkawinan membuat hak perempuan untuk menjadi kepala rumah tangga dihapus sama sekali, hingga regulasi ketenagakerjaan seperti UU Ketenagakerjaan, UU TKI yang diskrimintif, upah rendah, pelecehan seksual,cuti haid maupun hamil yang tidak diberikan dengan layak, kekerasan verbal, pelarangan membangun serikat buruh dan intimidasi. Dia  menambahkan, para pemegang kebijakan seharusnya melakukan perbaikan kebijakan sehingga mengarah kepada upaya peningkatan peran perempuan.

Iklan

2 thoughts on “Aksi Tolak Diskriminasi Perempuan

  1. Semoga kaum hawa tidak menjadi korban diskriminasi lagi…tapi para perempuan juga jangan terlalu diatas awan kalo dah mendapat Haknya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s