Catatan Kajian

Berusaha Menyelami Hakikat


Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Syukur terasa tak terperikan saat hati ini bergetar karena kehadiran Sang Kekasih. Selama ini aku khawatir dengan makna do’a ini, Barang siapa yang diberi petunjuk Allah maka tidak ada siapapun yang dapat menyesatkannya, dan barang siapa yang disesatkan Allah maka tidak ada siapapun yang dapat menunjukinya. Maka akupun takut saat aku dalam kesesatan. Dan jika bukan Allah lah yang menolongku maka Tuhan mana lagi yang aku mohon pertolongan.

Pengalaman yang berharga disaat aku menemukan hal yang baru, ilmu yang sejuk lagi bermanfaat. Mencoba berfikir terbuka dan luas dengan ilmu dan kebesaran Sang Pemilik Ilmu, ijinkanlah aku meneguk setetes kebesaran ilmuMu untuk membasahi ruang dahagaku.

Tibalah aku bersama orang-orang yang luar biasa dalam satu semangat untuk belajar untuk bertemu dengan sang Kekasih. Itulah Halaqoh ma’rifat hakikat yang mana memberi semilir angin yang menyejukkan.

Bagiku bukanlah sebuah pertentangan antara hakikat atau dalam pandangan tasawuf dengan syariat. Akan tetapi keduanya bagaikan satu sifat air yang tak terpisahkan akan tetapi bisa menyatu dengan berbagai macam zat lainnya. Bagi saya yang aktif dalam jama’ah pergerakan dakwah kajian tasawuf semakin mengingatkan akan makna perjuangan dan semakin mengobar semangat dan menguak misteri para pendahulu dalam membuat metode dakwah.

Sungguh sangat menggetarkan saat kita benar-benar memahami makna amal kita dengan hakikat itu sendiri. Menyadari kehadiran Allah dalam diri kita, sifat, Af’al, Asma, dan DzatNya.

Bagaimana saat seorang guru tasawuf tak ubahlah seorang murrabbi yang senantiasa berdoa, membimbing, bahkan memikul beban sang mutarrobbi. Bagaimana saat dalam satu frekuensi hati kita dalam ma’rifatullah maka menajamkan intuisi hati kita dalam persaudaraan Islam tak ubahlah dengan ketajaman perasaan ikhwahfillah dalam dekapan ukhuwah dalam dakwah.

“Hakikat ma’rifat mengajarkan keikhlasan, ketulusan, keujuran, keindahan, ketenangan, juga mengajarkan ketentraman dan kebahagian.”

Iklan

6 thoughts on “Berusaha Menyelami Hakikat

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s