Catatan Kajian

Tanda-tanda Hati Yang Sehat (2)


Hatinya selalu menegur  untuk selalu bertaubat kepada Allah. Jadi saat ia berbuat salah hatinya selalu menegur untuk bertaubat dan beristigfar. Didalam Al-Quran Allah mengingatkan kita untuk banyak beristigfar. Ia merasa menyesal dan ingin segera bertaubat jika berbuat sesuatu yang tidak semestinya dilakukan oleh hamba yang beriman. Allahpun menyambut hamba yang bertaubat setelah melakukan kesalahan  adalah sebaik-baiknya seorang hamba. Allah mengingatkan kita jika kita ingin mendapatkan Jannah maka segeralah bertaubat. Ia merasa menyesal jika melewatkan ibadah yang biasanya ia lakukan. Dalam surat Al Imran ayat 133, kita hendaknya bersegera dalam bertaubat dan Jannahlah tempatnya kembali yang luasnya seluas langit dan bumi yang disediakan untuk orang-orang yang bertaqwa.

Dan ciri orang-orang yang bertaubat adalah saat diingatkan maka ia berhenti. Saat diingat ini adalah dosa maka ia berhenti bukan malah melecehkan orang yang mengingatkan.

Saat ia terluput ketaatan yang terbiasa olehnya. Ia melewatkan ibadah sunnah yang biasanya ia lakukan dan saat ibadah sunnahnya terluput karena kesibukan dunia, maka ia menyesal. Orang yang hatinya sakit saat ia tidak membaca Al-quran maka ia tidak menyesal. Sedangan orang yang berhati sehat, saat ia terbiasa berdzikir pagi dan sore, saat ia terluput berdzikir karena kesibukan dunia maka ia menyesal sekali. Hatinya serasa menegur untuk memperbaiki dirinya.

Iklan

6 thoughts on “Tanda-tanda Hati Yang Sehat (2)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s