Artikel

Jauh Dari Rumah


Disaat banyak hal terasa tidak sesuai dengan diri kita

Disaat kita belum bisa menyesuaikan sebuah keadaan

Disaat semua terasa menjadi asing

Mungkin itu adalah perasaan William Darcy saat meninggalkan Birmingham

Kita sedang jauh dari rumah…

Apapun itu hadapilah dengan langkah yang pasti, sungguh indah ungkapan Imam Syahid Hasan Al Banna, “Antum ruhun jadidah tarsi fi ja-sadil ummah”. Kamu adalah ruh baru, kamu adalah jiwa baru yang mengalir di tubuh ummat, yang menghidupkan tubuh yang mati itu dengan Al-Qur’an.

Inilah saat kita benar-benar harus berbaur dengan masyarakat objek dakwah kita,  kita tidak hanya mengandalkan kerumunan besar hanya dari kalangan kita saja, orang-orang yang sama ideologinya dengan kita untuk mera-sakan eksistensi diri kita. Tapi, dimanapun kita  berada kita tetap merasakan sebagai hamba Allah SWT, yang harus memiliki kesadaran untuk menjaga dirinya dan taqwanya kepada Allah SWT, baik dalam keadaan sendiri maupun dalam keadaan terlihat orang. Kemana-pun pergi, ia tak merasa kesunyian, tersudut atau terasing, karena Allah senantiasa ber-samanya. Bahkan ia dapatkan kebersamaan rasul-Nya, ummat dan alam semesta senanti-asa.

Gusar hati ini sebagai hamda yang jauh dari sempurna memandang masyarakat yang sepertinya akan menentang pribadi kita akan tetapi hikmah kehebatan Namrud bagi Nabi Ibrahim AS tidak ada artinya, tidaklah sendirian. ALLAH bersamanya dan alam semesta selalu bersamanya. Api yang berkobar-kobar yang dinya-lakan Namrud untuk membinasakan dirinya, ternyata satu korps dengannya dalam menu-naikan tugas pengabdian kepada ALLAH. Alih-alih dari menghanguskannya, justeru ma-lah menjadi “bardan wa salaman” (penyejuk dan penyelamat). Itulah Api bahkan kita masih menghadapi manusia yang Allah mengenggam hatinya. Karena itu, kader sejati yakin bahwa Allah SWT akan senantiasa membuka jalan bagi pejuang Da’wah sesuai dengan janji-Nya, In tansurullah yansurukum wayu sabit akdamakum (Jika kamu meno-long Allah, Ia pasti akan menolongmu dan mengokohkan langkah kamu)

Ya Rabb Kuatkanlah, tunjukkan kebenaran itu pada hambamu….

Iklan

4 thoughts on “Jauh Dari Rumah

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s