Artikel

Want Vs Need


Sebagai seorang wanita yang nanti tentunya akan menjadi seorang ibu rumah tangga, dimana seorang ibu rumah tangga yang baik adalah yang bisa mengelola keuangan rumah tangganya dengan sebaik mungkin. Seorang muslimah sholehahpun mempunyai beberapa karakter dimana diantaranya adalah pandai dalam menjaga harta sang suami. Oleh karena itu bagi para wanita muslimah hendaknya belajar untuk mengatur keuangannya, mulai dari sebelum menjadi seorang istri. Pada kesempatan kali ini saya ingin berbagi sebuah tips untuk menghemat atau tepatnya bisa mengatur pengeluaran keuangan kita sesuai dengan kebutuhan dan tepat sasaran.Yaitu dengan menerapkan prinsip “Want or Need” dalam mempertimbangkan catatan pengeluaran yang kita miliki. Prinsip ini adalah salah satu prinsip yang diajarkan di ilmu ekonomi, oleh karena itu kita belajar untuk mengaplikasikannya sehingga saat nantinya kita terbisa untuk mempertimbangkan prinsip ini sebelum kita mengeluarkan uang maka untuk kedepannya kita akan menjadi terbiasa.

“Want or Need”, dimana kita bisa mempertimbangkan untuk mendahulukan  membeli barang atau memenuhi kebutuhan yang benar-benar kita butuhkan (Need)  daripada sesuatu yang kita inginkan (Want). Kesulitannya disini adalah untuk membedakan apakah barang itu termasuk kebutuhan ataukah keinginan kita yang seakan-akan kita butuhkan. Saya pikir disinilah kita harus membuat sebuah pertimbangan.

Mungkin terlihat sangat memboroskan pikiran mau belanja saja banyak pertimbangan, tetapi ini bisa sangat bermanfaat bagi kita dengan meminimalisir pengeluaran barang-barang yang seharusnya belum begitu bermanfaat kita bisa memanfaatkan uang kita untuk hal yang lain.

Ini hanya sebuah tulisan yang saya ingin berbagi sesuatu dari pengalaman saja, mungkin juga saya belum banyak berpengalaman, semoga sampai esok saya terus bisa menulis dan berbagi bersama para Blogger disini. 🙂

(postingan yang agak serius ini saya buat saat saya sudah “judeg” dengan final project kuliah. 🙂 )

6 thoughts on “Want Vs Need

  1. Wanita yang baik adalah yang mampu berperan ganda yakni ibu yang baik bagi anaknya dan istri yang taat pada suaminya. Oiya, saya lupa…tambah satu…. teman ngerumpi yang asyik bagi tetangganya… 🙂

  2. Mana Kebutuhan … Mana Keinginan …

    Jujur … saya masih suka kebalik-balik …
    Dan celakanya … Yang namanya keinginan selalu berada di prioritas pertama …

    hahahaa

    Salam saya

  3. Hihi, saya jadi ingat, apa yang kita inginkan belum tentu yang kita butuhkan (nuruti nafsu), dan sebaliknya pun begitu, apa yang kita butuhkan belum tentu kita inginkan. 😀

Tinggalkan Balasan

