Artikel

Mendoakan Pemimpin Kita


Ust. Yusuf Qhardhawi dalam salah satu bukunya fiqih wanita islam dalam bab memanajemen sesuatu yang harus kita utamakan dalam beribadah, salah satunya adalah mendahulukan dalam melaksanakan ibadah yang lebih banyak mendatangkan kebaikan dari pada yang lebih sedikit manfaatnya.
Disyarahkan dalam kaidahnya para ulama salaf mengatakan bahwa jika saja mereka mempunyai kesempatan untuk berdoa yang mana doa itu mustajab pasti akan dikabulkan oleh Allah maka mereka akan mendoakan kebaikan untuk para pemimpin.
Disini digambarkan bagaimana para ulama salaf bisa memprioritaskan antara kebaikan seorang pemimpin yang akan banyak menimbulkan kemashlahatan untuk umat, dari pada kebaikan kepada dirinya sendiri.
Bagaimana dengan kita, jangan-jangan kita malah sering sekali mengeluh dan mengkritik akan kinerja para pemimpin kita tanpa pernah mau untuk mendo’akannya. Karena salah satu sebab datangnya taufiq dari Alla adalah mendoakan orang lain, dan penguasa atau pemimpin adalah orang yang paling berhak mendapatkannya. Karena kebaikan penguasa adalah kebaikan umat, medo’akan mereka merupakan do’a yang paling penting dan nasihat yang paling berguna. Yaitu mendoakan semoga para penguasa tersebut mendapat taufiq kepada kebenaran, semoga mereka mendapat pertolongan, semoga Allah memberi mereka pembantu-pembantu yang shalih dan semoga Allah membebaskannya dari kejahatan dirinya dan dari kejahatan teman-teman yang jahat. Mendoakan penguasa agar mendapat taufiq dan hidayah serta mendapat hati yang ikhlas dan amal yang benar merupakan kewajiban terpenting dan merupakan ibadah yang paling utama.
Semoga dengan do’a kita, para pemimpin kita sekarang ini yang sedang mengalami banyak masalah yang dimana kita telah banyak menyimak di layar televisi, mulai dari kasus korupsi, century dan mafia hukum sampai pemimpin federasi sepak bola nasional yang kita, semoga bisa melepas arogensinya dalam menerima kritik dari orang lain. Semoga para memimpin kita bisa menyelesaikannya dengan sebaik-baiknya. Dengan munculnya banyak permasalahan ini di permukaan menjadi sebuah optimisme bahwa sebenarnya ini adalah awal dari perbaikan, perbaikan di pemerintahan, Polri, para penegak hukum, maupun di PSSI.

 

Iklan

33 thoughts on “Mendoakan Pemimpin Kita

  1. kita wajib mendoakan yg terbaik utk para pemimpin kita, Tetik
    namun, tdk cukup hanya doa dr kita ,rakyatnya saja,
    bila dr mereka sendiri, si pemimpin ini tdk ada niat dr dirinya utk berubah

    ini hanya pendapat bunda saja, dan bisa saja salah 🙂
    salam

  2. Salam kenal….
    Sangat setuju untuk mendoakan pemimpin kita, tapi saya senyum sendiri baca di bagian akhir ada PSSI nya juga, apa anggota bonek? he..he.. (bercanda)

  3. Ya Allah, ampunilah dosa-dosa pemimpin kami…
    *kalo doa seperti ini mungkin boleh jadi ada juga yang protes* 🙂
    Tapi betul, kita jarang menempatkan diri kita sebagai rakyat dan kita juga jarang memuliakan pemimpin sebagai pemimpin

    Khusus untuk PSSI, smoga dapat yg terbaik

  4. Kita hanyalah rakyat biasa yang tanpa kekuatan untuk memberikan saran langsung kepada para pimpinan. Namun dengan doa, semoga saran yang ada di dalam hati bisa tersampaikan dan di dengar serta dillaksanakan demi kemajuan negeri ini.

  5. Iya… ya.. jarang-jarang banget diri kita mendoakan para pemimpin.
    Paling tidak kita doakan agar tetap istiqomah dan tetap teguh bekerja untuk rakyat (semua rakya dong, bukan ‘rakyat’ dirumahnya sendiri 😛 ).

    salam kenal mbak.

    Dian

  6. Iya… ya.. jarang-jarang banget diri kita mendoakan para pemimpin.
    Paling tidak kita doakan agar tetap istiqomah dan tetap teguh bekerja untuk rakyat (semua rakyat dong, bukan ‘rakyat’ dirumahnya sendiri 😛 ).

    salam kenal mbak.

    Dian

  7. Satu hal yang cuman kita bisa tak lain hanyalah sebuah doa tuk para pemimpin bangsa supaya mereka dapat senantiasa menjalankan segala tugas dan amanah yang dibebankan untuknya dengan baik. 🙂

  8. bener banget tik, mungkin lebih banyak di antara kita yang malah lebih seirng mengkritik, dibandingkan mendoakan
    padahal, menjadi pemimpin itu bukanlah sesuatu yang mudah dan bisa dilakukan oleh semua orang

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s