Artikel · Catatan Kajian · Goodreads

Gaul Islami


Hari gini gak gaul? Capek deh. Mungkin kita sering mendengar bahwa sebagian orang melihat umat islam yang kurang gaul, hanya gaul atau berteman dengan orang-orang tertentu,kurang flexcible dan sebagainya. Islam bukanlah ajaran hidup yang cocok untuk zaman dahulu saja, akan tetapi dapat di buktikan bahwa islam selalu sesuai dengan perkembangan zaman.  Apalagi dalam perkembangan pergaulan antara wanita dan laki-laki sekarang yang sangat pesat. Bisakah islam menjawabnya?

Sekarang pergaulan modern terpresepsi  dengan pergaulan bebas, dimana dilakukannya pergaulan yang mengabaikan norma-norma dalam masyarakat. Modern bukan berarti tidak beradap dan melakukan hal-hal yang tidak bermanfat, modern bukan berarti  bersenang-senang, berfoya-foya sehingga kita terlalaikan. Maka islam adalah agama yang mengatur terkait pergaulan ini.

“mereka itulah orang-orang yang telah diberi petunjuk oleh Allah, maka ikutilah petunjuk mereka.” (al Anaam :90).

Pergaulan pria wanita tidak haram melainkan boleh bahkan hal itu kadang-kadang dituntut apabila bertujuan untuk kebaikan, sepeti dalam menuntut ilmu yang bermanfaat,amal shaleh, kebajikan, perjuangan, atau lain-lain yang memerlukan banyak tenga baik laki-laki maupun perempuan. Namun kebolehan itu tidak berarti bebas, tanpa terikat dengan syar’iyah yang indah. Kita tetap bisa bekerjasama dalam kebaikan serta tolong menolong dalam kebajikan dan takwa dalam batas-batsa hukum yang ditetapkan oleh Islam. Batas-batas hukum tersebut antara lain.

1.       Menahan pandangan dari kedua belah pihak. Artinya tidak boleh melihat aurat, tidak boleh memandanga dengan syahwat, tidak berlama-lama dalam memandang tanpa ada keperluan.

Rasulullah pernah memalingkan kepala keponakannya Al Fadhl bin Abbas, pada saat berjalan dari memandang seorang wanita, maka sang keponakan bertanya, kenapa ya Rosul engkau memalingkan pandanganku. (Wah ini anak sudah salah Tanya lagi) J mungkin jika kita sudah tau atau pernah mendengar kajian tentang tidak boleh memandanga dengan syahwat, akan tetapi bagi generasi islam pertam mungkin hal ini sangat aneh. Ketika itu Rasulullah menjawab “ saya melihat pemuda dan pemudi, maka sya tidak merasa aman akan gangguan setan terhadap mereka” Subhanallah begitu perhatiannya Rosul kepada para pemuda dan pemudi.

2.       Pihak wanita mengenakan pakaian yang sopan yang ditentukan syara’, yang menutup seluruh tubuh kecuali telapak tangan dan muka. Jilbab dan syari’ah tidaklah lain bertujuan untuk kebaikan perempuan, dengan pakaian

tersebut mereka dapat dibedakan antara wanita baik-baik dengan wanita nakal. Sebab pakaian yang baik dan sopan mengharuskan orang lain untuk menghormatinya.

3.       Mematuhi adab-adab wanita muslimah dalam segala hal, terutama dalam pergaulan dengan laki-laki. Adab-adab

tersebut adalah :

a.       Dalam perkataan hindari perkataan yang merayu dan membangkitkan ransangan, senantiasalah berkata yang baik dan tidak berkata kotor.

b.      Dalam perjalanan jangan memancing pandangan orang.

c.

Dalam gerak jangan lah beringkrak atau berlenggak lenggok.

4.       Bagi muslimah,jauhkan diri dari wangi-wangian dan perhiasan yang biasa dipakai di rumah.

5.       Jangan berduaan,pria dan wanita,tanpa disertai mahram, kita mungkin sudah sangat akrab dengan hadist shahih

yang mengatakan “ karena yang ketiga adalah setan”

6.       Pertemuan itu hanya sebatas keperuluan yang dikehendaki untuk kebaikan.

Demikianlah beberapa  ikatan syar’I dalm pergaulan pria dan wanita islam, bukan berarti terkungkung dengan peraturan akan tetapi peraturan itu adalah kebutuhan kita, dengan segala nilai-nilai islam yang mulia, kita akan menjalani hidup dengan indah, indah sesuai dengan perintah Allah, sehingga akan semakin mendekatkan kita

kepadaNya hingga di surge.  Amin

Recent Posts :

Iklan

5 thoughts on “Gaul Islami

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s