Catatan Kajian

Keringat ini….


Bismillahirrahmanirrahim,

Segala puji bagi Allah yang maha membolak-balikkan  hati, tetapkanlah hati ini di shirottol mustaqin.  Kekasihku Muhammad semoga aku bisa berkumpul denganmu di surgaNya.

Hidup ini tidak hanya didunia ini, kita akan menjalani  kehidupan diakhirat, di yaumud din, hari akhir, dimana amal perbuatan kita diakhirat akan di hisab. Suatu hari, dimana manusia berdiri dihadapan Rabb nya , begitu lama, dengan berbagai rupa. Tergambarkan seseorang yang tenggelam dala air keringat di dunia, tiada henti dan tiada meninggal di dalam air yang penuh sesak. Itulah keringat  kita yang di dunia, keringat yang tiada bermanfaat lagi merugikan kita, menyiksa kita mungkin di dunia dan jelas di akhirat, keringat yang tiada keikhlasan, keringat-keringat maksiat kita di dunia.

Hendaklah kita sebagai sebaik-baiknya generasi memanfaatkan waktu kita yang sementara di dunia ini untuk berbuat yang terbaik untuk dunia dan akhirat, tholabun ilmi,  atta’alu kulli qhoirillah, selalu berpegang kepada Allah, tidak berpegang  selain Allah. Kita harus menjadi manusia yang terus berusaha penuh kekreativan, kita bekerja kepada Allah, dan tanamkan di lubuk hati kita yang terdalam, bukan hanya percaya tapi yakin dan beriman. Senantiasa  kita hanya percaya tanpa yakin untuk mengamalkannya. Hal tersebut didukung oleh pemahaman kita, pemahaman kita tentang agama yang kita anut, pemahaman harus banyak harus mendalam, sehingga kita tahu apa yang kita pilih.

Al Fahmu Fiddin, bukan hanya milik para santri, para ustad, da’i, tapi untuk kita semua umat manusia. Semakin banyak pemahaman akan Din maka semakin banyak kebaikan yang kita peroleh.keikhlasan akan muncul  jika kita paham akan apa yang kita lakukan, dakwah kita  tidak akan sukses  tanpa pemahaman Din yang benar tanpa usaha untuk selalu meningkatkannya.

Al Fahmu Fiddin, siapapun profesinya, profesi kita dimanapun kita sebelum itu kita adalah musim. Marilah kita tingkatkan pemahaman Agama, agar kita senantiasa ikhlas dalam berjuang.

Iklan

One thought on “Keringat ini….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s