Artikel · Catatan Kajian

Puasa-puasa Sunnah


  1. Puasa Asyuro : tanggal 10 Muharram, “ Puasa Asyuro menghapuskan  dosa dosa setahun
  2. yang  telah berlalu”( HR.Muslim )
  3. Puasa Tasu’a : Tangal 9 Muharram
  4. Puasa semenjak tanggal 1 Muharram, “ Puasa yang paling utama setelah puasa Ramadhan adalah puasa sunat pada bulan Muharram, karena merupakan bulan yang dimuliakan oleh Allah”( HR. Muslim)
  5. Puasa Rajab, Tanggal 1 Rajab : Dapat menghapuskan dosa selama 3 tahun, Tanggal 2 Rajab : Dapat menghapuskan dosa selama 2 tahun, Tanggal 3 Rajab : Dapat menghapuskan dosa selama 1 tahun, Tanggal 4 sampai 30 Rajab : Setiap harinya dapat menghapuskan dosa selama satu  bulan
  6. Puasa Sya’ban,  Adalah Nabi SAW. Beliau tak pernah berpuasa ( selain Ramadhan ) melebihi puasanya bulan Sya’ban karena beliau sering mengerjakan puasa sunat pada bulan Sya’ban sebulan suntuk ”( Mutaffaq Allah )
  7. Puasa 6 hari pada bulan Syawal, ” Barang siapa yang berpuasa Ramadan kemudian diikuti dengan puas enam hari pada bulan Syawal, maka  seolah-olah dia telah berpuasa selama setahun penuh ”( HR. Muslim )
  8. Puasa Arofah : tanggal 9 Dzulhijjah, ” Puasa Arofah menghapus dosa dosa  selama 2 Tahun, yakni setahun yang telah berlalu dan setahun yang akan datang ” ( HR. Muslim )
  9. Puasa Yaumul Bidh : Tanggal 13,14,dan 15 setiap bulan, “ Puasa 3 hari setiap bulan adalah seperti puasa sepanjang tahun ” (HR. Bukhari dan Muslim )
  10. Puasa Senin dan Kamis, ” Amal-amal manusia itu dilaporkan kepada Allah setiap hari senin dan Kamis .Oleh karenanya aku senang jika setiap amalku dilaporkan saat aku sedang berpuasa ”( HR. Tirmidzi)
  11. Puasa 1 Dzulhijjah, ” Barang siapa yang berpuasa pada hari itu, ia akan diampuni dosanya”
  12. Puasa 2 Dzulhijjah, ”Barang siapa berpuasa pada hari itu, seakan akan ia melakukan amal ibadah selama setahun tanpa dicampuri maksiat sedikitpun ”
  13. Puasa 3 Dzulhijjah, ” Barang siapa yang berpuasa pada hari itu, do’anya akan mustajab ”
  14. Puasa 4 Dzulhijjah,” barang siapa berpuasa pada hari itu, Allah akan menghilangkan kesusahan dan kefakirannya dan dikampung akhirat kelak dia akan dikumpulkan bersama orang-orang soleh dan mulia ”
  15. Puasa 5 Dzulhijjah” Barang siapa yang berpuasa pada tanggal itu, dia akan dibersihkan dari kemunafikan dan dijauhkan dari siksa kubur ”
  16. Puasa 6 Dzulhijjah” Barang siapa berpuasa pada tanggal itu, kelak dia akan diberi kesempatan memandang wajah Allah Yang Mulia dan penuh rahmat. Dan sesudah itu ia tak akan disiksa lagi untuk selamanya ”
  17. Puasa 7 Dzulhijjah” Barang siapa berpuasa pada tanggal itu, Allah akan menutup 30 pintu kesulitan dan membukakan 30 pintu kemudahan baginya ”
  18. Puasa 8 Dzulhijjah : hari Tarwiyah” Barang siapa yang berpuasa pada hari itu, maka dia akan mendapatkan pahala yang hanya Allah sendiri yang mengetahui besarnya ”
  19. Puasa 9 Dzulhijjah” Barang siapa yang berpuasa pada hari itu, dia akan diampuni dosanya setahun yang telah berlalu  dan setahun yang akan datang ”
  20. Tanggal 10 Dzulhijjah

”Barang siapa yang mendekatkan diri kepada Allah cara berkurban, Allah akan mengampuni dosanya dan dosa para keluarganya semenjak pertama kali darah kurban menetas ke bumi dan barang siapa yang bersedekah pada hari itu dengan memberikan makanan atauj pemberian lainya kepada orang mukmin, maka Allah SWT akan membangkitkannya pada hari kiamat dalam keadaan selamat dan timbangan amal baiknya melebihi beratnya gunung Uhud ”

Iklan

7 thoughts on “Puasa-puasa Sunnah

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s